goodreads

Udah beberapa hari ini pengen nulis tentang goodreads, tapi baru sampai niat… Tadi pagi setelah browsing internet, ternyata Fany baru aja nulis tentang topik ini. Hmm… keduluan Fany deh, tapi gpp kan?… better late than never (halah…..). 

Invitation untuk join goodreads sangat sederhana, cuma sepenggal kalimat undangan, tanpa gambar maupun banner apapun. Tapi ga tau kenapa, justru itu daya tariknya sehingga tanpa sadar (emangnya sambil pingsan?😛 ), langsung klik-klik-klik, subscribe, login dan… langsung explore berbagai fitur yang ada di situ. 

Sepertinya situs ini ditujukan buat mereka yang seneng baca (dan seneng nginternet juga🙂 ). Mirip dengan Friendster, Multiply, atau Tagged, tapi rasanya goodreads punya kelebihan, khususnya dalam menghimpun para pencinta buku untuk menyampaikan review-nya terhadap buku-buku yang mereka baca, sehingga memudahkan orang lain untuk tau lebih banyak tentang buku tertentu. Tukar menukar informasi seperti ini rasanya punya added-value bagi yang nulis buku, bagi yang me-review buku, bagi yang baca buku, maupun bagi kita yang (lagi-lagi) baru niat untuk baca satu buku tertentu😀 . 

Sebagai yang ga pernah punya katalog buku-buku apa saja yang dimiliki, maupun buku-buku apa saja yang sudah pernah dibaca, goodreads sangat membantu untuk menghimpun itu semua. Jadilah semaleman nginternet untuk mendaftarkan buku-buku apa saja yang pernah dibaca selama ini. Saat ini memang baru itu yang berhasil dilakukan. Untuk menulis review, hehehe… pastinya butuh waktu lagi, tapi untuk buku-buku yang menarik, ide-ide menulis rasanya sudah ada di kepala, tinggal nanti urusan menuangkannya saja. 

Dari nambah-nambahin daftar buku kemarin, baru sadar ternyata sudah banyak buku yang pernah dibaca. Padahal selama ini hobi ‘baca buku’ kayaknya mulai bergeser ke perilaku hanya ‘beli buku’ (beli mulu’, jarang ada yang sampai tamat bacanya, malah ada yang sampai sekarang masih terbungkus plastik😛 ) dan lagi-lagi nyalahin waktu… 

Mudah-mudahan dengan adanya goodreads ini bisa bantu untuk lebih mendisiplinkan diri, atau paling tidak bisa bantu mengingatkan bahwa masih ada beberapa buku yang belum diselesaikan, dan pengennya sih… bisa me-review semua buku-buku tersebut; dan kalau bisa… juga membuat resensi dari buku-buku yang menarik untuk disimpan disini. Ga terlalu muluk-muluk kan cita-citanya?  😉 

5 pemikiran pada “goodreads

  1. Iya nih, aku jg jarang banget baca buku *malu*
    Tp kalo mendadak pengen, wuih, wiken bisa ngabisin beberapa buku sekaligus.hehehe
    eh, sekalian dong review Psychologyve di Goodread;-)

    hehehehe

  2. hmm tapi di situ aku gak nampilin semua buku yg aku baca, biasanya yg buku2 ABG (teenlit dkk) gak aku masukin, maluw… hihihihi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s