ilusi mengukur stress (2)

Sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya, disini saya ingin bercerita sedikit tentang ilusi. Ilusi seringkali dianggap sebagai suatu kesalahan penangkapan (distorsi) dari stimulus yang diterima otak. Ada berbagai jenis ilusi, mulai dari ilusi penglihatan, ilusi pendengaran, ilusi penciuman, dsb. Pada artikel yang lama, ilusi yang dibahas adalah ilusi penglihatan atau ilusi optik.

Sekedar untuk mengingat, saya sertakan juga satu gambar lagi🙂 dari situs yang sama.

pic-3.jpg

Ilusi optik ini terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia. Gambar-gambar di atas adalah gambar yang statis, namun terlihat seperti bergerak. Jika mata kita difokuskan pada satu titik, daerah yang kita perhatikan tidak bergerak, namun daerah sekitarnya seolah bergerak-gerak. Hal ini merupakan efek yang terjadi pada mata atau otak setelah mendapatkan rangsangan tertentu (melihat gambar tersebut secara keseluruhan). Tentunya jika kita hanya melihat gambar tersebut sebagian, efek gerakan tidak akan terjadi.

Apakah ilusi ini berhubungan dengan stress?

Berdasarkan pencarian data kemarin, sampai saat ini saya belum menemukan informasi ilmiah mengenai adanya hubungan antara ilusi dan stress. Belum ada juga penelitian yang menyatakan bahwa efek gerakan yang dilihat seseorang itu lebih cepat atau lebih lambat dari orang lain. Kesimpulan yang bisa saya ambil saat ini hanyalah bahwa jika seseorang berada dalam keadaan yang kurang ‘fit’, kemungkinan dia akan melihat pergerakan gambar yang lebih cepat dari biasanya. Kondisi tubuh yang lelah dapat mempengaruhi kerja otak saat menerima stimulus-stimulus yang datang. Efek yang terjadi mungkin orang tersebut malah jadi pusing melihat gambar ini karena seperti bergerak-gerak. Selain itu orang yang berada dalam keadaan stress pun seringkali mengalami gejala serupa (kondisi badan yang kurang “fit”).

Mungkin itu juga yang membuat orang mengatakan bahwa dalam keadaan stress, gambar yang dilihat seolah-olah bergerak dengan sangat cepat. Hmm… mungkin penjelasan dari sisi kedokteran, tentang syaraf dsb akan bisa lebih membantu😉

Gambar-gambar ilusi optik lainnya, dapat dilihat disini, beberapa diantaranya  juga bisa dijadikan wallpaper  (dengan catatan, asal gak pusing sendiri😛 )

28 pemikiran pada “ilusi mengukur stress (2)

  1. Wah bisa gerak-gerak gitu ya, beberapa menit melototin tuh gambar malah jadi pusing😀
    Untungnya beberapa poto kucing saya kalo dipelototin ngga’ gerak-gerak, kalo bergerak ngalamat horor hehehehehehe….

  2. Jadi kesimpulannya, semakin cepat gambar itu bergerak maka semakin besar kemungkinan orang itu menderita stress ya?

    Saya kok melihat itu gambar terus-terusan bergerak seperti gelombang air, tapi anehnya tidak membuat pusing kepala

  3. @ cecepswp,
    ide bagus tuh… orang multimedia kayaknya bisa bikin gambar kucing ini jadi seperti bergerak… mungkin malah jadi lucu (bukan horor)😛

    @ Taufik,
    sebenarnya ilusi dan stress korelasinya negatif, alias tidak berhubungan secara langsung.
    Jadi, kalau tidak merasa pusing, artinya kondisi tubuh lagi sehat, fit, dan mudah-mudahan juga ga lagi stress😀

  4. Iya, setuju. Aku rasa korelasinya lebih ke arah kondisi penglihatan seseorang, dan kemampuan untuk mengendalikan “penglihatan”. Karena setelah tahu bahwa ini sekadar ilusi mata, saya bisa memusatkan perhatian pada bagian tengah citra, dan otomatis, gambarnya berhenti bergerak. Namun, kalau aku malas memusatkan perhatian, fokusku berpindah-pindah, jadinya gambarnya bergerak semakin liar.

  5. @ isman,
    bener… saya link ke posting berikutnya. Sebenarnya lebih ingin menyoroti bahwa sometimes seeing is not believing, dan kita perlu lebih hati-hati dalam menerima/memahami apa yang kita lihat😀

  6. Dear Pratanti,

    Gambar-gambar ilusi optik lainnya, dapat dilihat disini, beberapa diantaranya juga bisa dijadikan wallpaper (dengan catatan, asal gak pusing sendiri😛 )

    Ide brilian. Bisa juga dipakai untuk background presentasi. Dipastikan audience pusing tujuh keliling.

    (** Kabrur … **)

  7. Ada orang bilang, kita hanya melihat apa yang ingin kita lihat. Kira-kira kalimat itu cocok nggak diterapkan dalam kasus ini?

  8. @ Emanuel Setio Dewo,
    wah ide bagus tuh, nanti kalau agak-agak kurang yakin dengan yang dipresentasi-in, pakai background itu aja, supaya perhatian jadi lebih teralihkan ke gambar yang musingin daripada materi presentasinya, hmm… nice try…😉

    @ Anis,
    kalimat itu lebih cocok untuk postingan saya berikutnya, disitu lebih bisa menjelaskan bahwa kadang kita ingin melihat wajah manusia seperti yang biasa kita lihat, sehingga waktu diberikan gambar yang berbeda, otak seolah-olah memaksa kita untuk menyesuaikan diri dengan gambaran kita tentang wajah manusia, dan bukan pada gambar yang sebenarnya.

  9. wah mbak pratanti, thanks atas artikelnya ya, lumayan untuk latihan otot mata neh
    dari pada pusing nglihatin angka terus terusan, jadi ada refreshing nya lha, tapi koq
    gambar lain yg kulihat nggak gerak gerak amat ya?

  10. maksudnya “nggak gerak-gerak amat” tuh bergerak atau enggak ya?
    mungkin maksudnya bergerak dikit, tapi gak “amat”… gitu mbak? ya iya lah geraknya cuma dikit, kan emang gambarnya statis😉
    *saya aja pusing kok gak “amat”*

  11. Bener saya juga pada sebenarnya pada waktu stress jarang sekali mujur, malah kebalikannya masalh baru muncul….tapi ga papa yang penting kita menghadapinya ga stress sambil lihat ilusi2 seperti diatas.

    makasih.

  12. heran lor, napa sih kok gambar nya bergerak terus..tpi bila d biar kan mata tertumpu ke satu sudut tanpa melihat keseluruhan nya, kok keliatan nya seperti gambar biasa…..

  13. wah saya ngelihat geraknya kuenceng buanget…sepertinya saya harus buru buru istirahat ya.
    …mudah mudahan besok setelah olahraga,dan konsumsi yg bergizi,saya melihatnya sudah lebih pelan gambarnya…fiuhh…

    thanks mba’Pratanti

  14. Pokoknya menurut pendapat saya setiap orang pasti pernah mengalami stress karena berpikir terlalu berat. Namun apapun masalahnya sebaiknya luangkan waktu untuk refreshing dan salah satunya dengan melihat gambar-gambar lucu termasuk gambar ilusi.
    Jika teman-teman tertarik dengan gambar-gambar ilusi dan unuk untuk sekedar refreshing, silahkan kunjungi http://www.magiceyes.co.cc.

    Semoga terhibur.
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s