ilusi atau mabok?

Masih soal ilusi … ilusi lagee???

sst… tulisan ini terinspirasi dari komentar temen-temen yang bilang bahwa gambar-gambar ilusi optik yang kemarin kalau dilihat terus menerus malah jadi bikin pusing.

Nah, dari hasil blogwalking weekend kemarin ini saya menemukan beberapa gambar yang termasuk kategori “drunk effect” dan salah satunya saya sertakan disini. *iseng mode ON*

drunk_effect.jpg

Bagaimana?

*iseng mode OFF*

Di gambar ini mungkin tidak terlalu terlihat “gerakan” yang terjadi, tapi otak kita seolah-olah memaksa kita untuk melihat gambar tersebut sebagai wajah seorang wanita dengan sepasang mata dan satu mulut. Pengalaman kita selama ini mengatakan bahwa wajah manusia memang terdiri dari sepasang (dua buah) mata, dan satu mulut; bukan dua pasang mata dan dua mulut. Begitu kita disodorkan dengan gambar yang berbeda dari yang kita temui selama ini, otak secara otomatis bekerja untuk menyesuaikan diri.

Hal ini pula yang mendasari mengapa kalau terlalu lama memperhatikan gambar ini, kepala jadi pusing dan seperti gambaran yang dilihat oleh orang mabok :P Jika seseorang belum pernah melihat gambar wajah manusia, bisa saja dia tidak “pusing” melihat gambar ini. Gambar ini akan dilihat apa adanya, sehingga otak tidak perlu susah-susah lagi menyesuaikan diri dengan gambaran yang biasa dilihat.

Mencoba mengkaitkan fenomena ini dengan kehidupan sehari-hari, kita mungkin perlu lebih jeli lagi untuk melihat suatu gejala. Fakta-fakta yang ada di sekitar kita perlu ditelaah dengan benar sebelum akhirnya kita mengambil kesimpulan tertentu. Dalam menyimpulkan pun kita perlu membedakan mana yang benar dan mana yang hanya ilusi.

Jadi, gambar di atas memang benar sebuah wajah yang bermata empat dan bermulut dua; sementara mabok itu adalah ilusi :D *jail mode ON*

…..

Artikel lain yang berkaitan: Melihat Karena Percaya

9 Komentar

  1. Kalo yang ini malah saya liatnya ngga’ merasa pusing, ato mungkin karena saya terlalu banyak berinteraksi dengan gambar “gagal produk” trus pas liat gambar yang diatas itu jadi biasa aja ya ? (mikir-mikir sambil nyeruput kopi) :D

    bisa jadi begitu… :P

  2. Bener, deh, aku lihatnya keder sendiri. Aku kira kacamataku sedang ngga beres. Rupanya otakku yang ngga beres.

    (** Eh, kayaknya dari dulu otakku memang ngga beres… **)

  3. Kalau saya mungkin nggak maksain kemampuan saya untuk mempersepsikan gambar diatas mempunyai dua mata dan satu mulut, karena emang lebih susah,.. masalahnya adalah,.. gambar di atas bikin mabok bagi penderita kekaburan mata yang disebut silindris,…penderita mata jenis ini akan mabok kalau melihat dua objek (atau lebih) sama yang disusun sangat berdekatan.

    Jadi bukan karena pemaksaan persepsi,.. tapi emang karena matanya aja nggak beres. Mungkin bisa dicarikan gambar lain yang bisa mewakili perubahan persepsi akibat “kelaziman”, yang tidak membuat orang rabun jenis silindiris berfikir ganda,.. karena rabun atau karena berubah persepsi,..:)

    Btw, nice blog deh,..:)

  4. ha… ide bagus nih mbak untuk cari gambar lain yang bisa mewakili “perubahan persepsi” untuk semua orang ;)

    kalau udah nemu duluan, boleh juga dong di-share :D

  5. Yd.I

    Bener Juga, ternyata kita terbiasa dengan apa yang telah kita lihat sebelumnya.

  6. gifari

    tapi keliatanya gambar ceweknya serem juga. iiiii takut

  7. Setelah lihat gambar cewek cantik dengan empat mata aku pusing tuh… tolong dong….tapi asyik juga ya.

    Makasih.

  8. sama-sama :D

  9. Yd.I

    Saya pikir kalo pusing lihat gambar-gambar di atas, sebaiknya Teman-teman refreshing aja di http://www.magiceyes.co.cc
    Semoga menghbur.
    Terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: