lingkungan kita

Tulisan ini dibuat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, dan partisipasi dalam Blog Action Day. Meskipun kita bukan aktivis lingkungan, namun bukan hal yang tidak mungkin untuk melakukan hal-hal tertentu demi keselamatan lingkungan sekitar kita, maupun lingkungan hidup yang lebih luas lagi.

unite1.jpg Mari kita bahas soal sampah yang dihasilkan dari setiap rumah tangga pada setiap hari. Pernah terbayangkan bagaimana jadinya kalau sampah-sampah tersebut menumpuk di dalam rumah kita selama beberapa hari?

Sampah memang tidak bisa dilepaskan dari setiap kegiatan yang kita lakukan, namun selalu ada cara untuk mengelolanya dengan baik. Membuang/meletakkan sampah pada tempat yang semestinya; memilah-milah sampah antara sampah kering dan basah, ataupun memanfaatkan sampah menjadi suatu benda yang dapat digunakan kembali, merupakan hal-hal yang bisa kita lakukan. Tindakan-tindakan ini tentunya cukup ramah lingkungan. Sebagai contoh, tidak membuang sampah sembarangan, dapat membantu terciptanya lingkungan yang bersih; pemilah-milahan sampah juga bisa memudahkan proses daur ulang; sementara pemanfaatan sampah menjadi benda-benda yang dapat digunakan kembali tentunya bisa mengurangi produksi sampah itu sendiri.

Masih berkaitan dengan sampah, sebenarnya ada beberapa hal yang masih jadi pertanyaan (bagi saya), yaitu dalam hal membuang barang-barang seperti batere bekas, kaleng obat nyamuk bekas, serta tabung gas kecil yang sudah kosong. Kemana sebaiknya kita membuang benda-benda tersebut? Produsennya selalu menekankan bahwa barang-barang tsb jangan dibuang bersamaan dengan sampah lainnya, tapi kemana dan bagaimana caranya ya? Ada yang tahu?

Rasanya ini hanyalah hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan. Mungkin tidak terlalu banyak berarti dampaknya bagi dunia, namun jika semua orang memahaminya dan mau menjalankannya, maka bukan mustahil kalau dunia ini akan menjadi lebih sehat dan menyehatkan bagi penduduknya. Mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai saat ini, mudah-mudahan dapat membawa kebaikan bagi kita semua.

Artikel lain:

– tempat sampahnya dimana?

10 pemikiran pada “lingkungan kita

  1. @ Anis,
    iya Nis, kalau itu untuk kebaikan, ga ada salahnya kan pakai ‘ungkapan lama’😉

    @ epa,
    ga ada salahnya kita untuk mulai peduli soal ini, dampaknya kan buat kita-kita juga… so, saya pikir berlakulah baik, kalau kita ingin hasil yang baik pula😀
    *tetap semangat*😀

  2. Lingkungan memang menjadi tanggungjawab kita bersama. Peduli terhadap lingkungan itu merupakan kewajiban kita sebagai penghuni yang lebih bertugas merawatnya.
    Saya salut dengan kepedulian mabak terhadap lingkungan.

  3. terima kasih Rara…🙂
    Saya rasa kita semua punya kepedulian pada lingkungan, hanya mungkin ada yang sudah berbuat sesuatu utk merawatnya, dan ada pula yang baru “berniat” utk merawatnya… dan mudah-mudahan “niat” itu akan terwujud ya… amiin…

  4. makasih kembali Ifah….. kadang orang suka lupa dengan lingkungan terdekat kita, sehingga seringkali lupa untuk memberi perhatian ‘lebih’ pada mereka…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s