you can’t forgive what you can’t forget

sebuah quote yang saya cuplik dari film “Revenge” ini tetap menjadi bahan menarik buat dibahas. Sekedar renungan.

Mengucapkan kata “maaf” jauh lebih mudah daripada menghayatinya dan benar-benar memaafkan kesalahan yang telah diperbuat orang lain. Kadang kita mengatakan telah memaafkan, namun dalam kenyataannya pada saat-saat tertentu kita tetap “membedakan” reaksi atau tindakan kita terhadap orang yang pernah berbuat salah tsb.

Ternyata jika kita tidak dapat melupakan kesalahan seseorang, sulit bagi kita untuk memaafkan. Seringkali kita menggabungkan antara tindakan (kesalahan) seseorang dengan pribadinya. Contohnya, ketika orang yang pernah berbuat salah itu muncul di hadapan kita, tiba-tiba kita mengingat kembali kesalahan yang pernah diperbuatnya, sehingga secara tidak sadar muncul antipati terhadap orang tsb, dan akhirnya tindakan yang kita lakukan pun diwarnai oleh rasa antipati.

Tapi, apakah kita bisa begitu saja melupakan kesalahan seseorang? Hmm… rasanya itu semua berpulang kembali pada diri kita masing-masing, seberapa besar kelegaan hati kita untuk dapat dengan tulus memberi “maaf”, yang tidak hanya sekedar kata-kata saja.

Saya pikir, mungkin kita perlu memisahkan antara tindakan yang dilakukan seseorang dengan pribadinya. Mungkin saja seseorang melakukan suatu tindakan yang salah, namun tentunya dia juga punya alasan-alasan tertentu saat melakukannya, dan bisa jadi hal itu adalah alasan paling logis dan paling benar dari sudut pandangnya saat itu. Atau mungkin saja dia tidak sengaja melakukannya🙂

Tentunya saya pun tak luput dari kesalahan-kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja telah saya lakukan selama ini, dan saya pun tak dapat memaksa orang lain untuk melupakannya begitu saja…

“selamat menunaikan ibadah puasa”
mohon maaf lahir dan bathin, semoga amal ibadah kita membawa berkah dan diterima oleh Allah SWT, amiin…

6 pemikiran pada “you can’t forgive what you can’t forget

  1. mau memberi dan menerima
    merupakan ciri manusia mulia
    so, mari memberi
    dan menerima maaf dr semua hambaNya
    met berpuasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s