seutas tali imajiner

Saat-saat Idul Fitri seperti sekarang ini, seringkali terdengar himbauan untuk menjaga tali silaturahmi. Memang bukan seutas tali yang berbentuk fisik, namun lebih sebagai hubungan antar sesama manusia.

Sementara pengertian silaturahmi itu sendiri adalah berbuat kebaikan kepada kaum kerabat dari kalangan orang-orang yang seketurunan dan saudara-saudara ipar dan mertua, yaitu dengan berlaku lemah lembut dan kasih sayang, serta memperhatikan keadaan mereka.

Tidak terbatas pada suasana idul fitri, namun setiap saat tentunya tali silaturahmi perlu dipelihara. Sayangnya berbagai perbedaan yang terjadi seringkali mengikis hubungan antar manusia yang telah terjalin. Apakah hal ini juga terjadi pada kita?

Banyak hal yang bisa memutus tali silaturahmi, tapi banyak hal juga yang bisa mempererat tali silaturahmi ini. Beberapa di antaranya adalah dengan cara saling bertegur sapa, saling berjabat tangan, dan saling membantu antar sesama manusia. Bahkan tersenyum pun dapat memperkuat tali silaturahmi. Jika hal-hal ini bisa kita lakukan, tidak ada alasan rasanya untuk tidak bersilaturahmi setiap saat, dan tidak hanya pada masa-masa idul fitri seperti sekarang ini sajašŸ˜€

ā€œBarangsiapa menginginkan rezekinya diluaskan dan usianya dipanjangkan, hendaklah bersilaturahmiā€ (HR Bukhari).

3 pemikiran pada “seutas tali imajiner

  1. Menurut saya silaturahmi sangat penting, saya sendiri banyak sekali mendapat pertolongan atau sekedar info dari beberapa teman, yang terkadang hanya kenal di milis, atau sekarang lewat blog. Bahkan orangnyapun belum pernah ketemu.

  2. @ Kanjeng Ragil,
    bukankah itu yang kita harapkan dari kehidupan di dunia, adanya kedamaianšŸ™‚

    @ edratna,
    setuju bu, silaturahmi itu banyak sekali manfaatnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s