hari-nya blogger Indonesia

Tepat setahun lalu, Menkominfo meresmikan tanggal 27 Oktober sebagai hari blogger nasional, ditandai dengan diselenggarakannya ajang kopdar akbar yang diikuti oleh sekitar 500 blogger Indonesia. Tahun ini, perhelatan yang sama juga akan diadakan dengan target 1000 orang. Hmm… bukan hal yang mustahil rasanya…

Mencoba mengulas kegiatan di blogsphere selama setahun ini, rasanya tidak banyak yang bisa “dibanggakan”. Seperti biasa, semangat selalu membara pada awalnya, bertahan beberapa waktu, dan pada titik tertentu api semangat itu seolah mulai meredup, antara ada dan tiada… disertai berbagai alasan dan pembenaran, mulai dari “bingung mau nulis apa”, “sibuk”, sampai “lupa”:mrgreen:

Beberapa saat, sampai “kesadaran” itu kembali, bahwa ada satu tugas yang terlewatkan… untuk merawat blog ini dan… keep updating it !

Memang betul, kita tidak perlu nge-blog jika kita tidak punya cukup banyak waktu untuk menuangkan ide dan pikiran kita dalam bentuk tulisan, dan juga jika kita tidak bersedia untuk berinteraksi dengan sesama blogger, berbagi pendapat tentang berbagai hal.

Ternyata, nge-blog tidak hanya untuk mendokumentasikan ide-ide dan pikiran semata, namun juga untuk berinteraksi dengan masyarakat yang lebih luas.

Seperti tema PB 2008, “Blogging for society”, mudah-mudahan kegiatan blogging ini bisa bermanfaat buat semua. Ada kepuasan tersendiri jika tulisan kita bisa bermanfaat juga buat orang lain… *I wish*

So… kalau “sibuk” dan “lupa” bisa dianggap sebagai suatu kesalahan yang dapat dimaafkan, berarti tidak ada alasan lagi untuk tidak nge-blog😆

Selamat Hari Blogger Nasional !

4 pemikiran pada “hari-nya blogger Indonesia

  1. Nikita Nitchevsky, punya ide tidak, bagaimana membuat short link dari blog ke kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat? Kelihatannya para blogger lagi perlu ide2 baru nih, biar nggak kopdar melulu🙂.
    (Bukan berarti kopdar itu buruk. Tapi bayangkan sebuah corporate yang isinya rapat melulu, haha.)

  2. tak ‘kan lari gunung dikejar,
    tak ‘kan habis ide diumbar…:mrgreen:

    sebenarnya sih, hampir setiap kegiatan yang kita lakukan, ada manfaatnya buat masyarakat. Termasuk juga dengan blogging ini. Kebiasaan kita menulis, berbagi informasi, yang dapat diakses oleh semua pihak tentunya juga bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Sekecil apapun ide yang kita miliki, se-absurd apapun itu… pasti ada yang bisa dimanfaatkan. Setuju kan?😉

    So… buat temen2 semua, jangan ragu untuk menulis, setelah itu men-share nya ke forum-forum yang sesuai. Salah satu caranya dengan mempublikasikan blog kita, atau mengundang orang lain untuk datang membaca blog kita. Kopdar juga salah satu cara promosi blog, tapi kalau kopdar melulu, kapan nulisnya dong?

    mulailah dari yang kecil, pada sejumlah orang yang sedikit… tekun untuk terus berusaha, satu saat nanti kita tidak akan pernah tahu bahwa ternyata ide-ide ‘gila’ yang pernah kita tuliskan, bisa menginspirasi orang untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat buat masyarakat yang lebih besar. Who knows?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s