kapan kita mulai berubah?

180px-KamenRiderBlackSetiap dengar kata ”berubah”, saya selalu ingat dengan Ksatria Baja Hitam yang kerap mengumandangkan slogan ”BERUBAH !!!” setiap kali dia akan melakukan tindakan-tindakan memberantas kejahatan. Hehe… masih ingat?:mrgreen:

 

Kemarin, sambil menghabiskan waktu berkelana ke ranah virtual, saya bertemu dengan sebuah sajak yang bertema ”I wanted to change the world”, seperti di bawah ini:

 

When I was a young man, I wanted to change the world. I found it was difficult to change the world, so I tried to change my nation. When I found I couldn’t change the nation, I began to focus on my town. I couldn’t change the town and as an older man, I tried to change my family.

 

Now, as an old man, I realize the only thing I can change is myself, and suddenly I realize that if long ago I had changed myself, I could have made an impact on my family. My family and I could have made an impact on our town. Their impact could have changed the nation and I could indeed have changed the world.” 

By Unknown Monk, 1100 A.D.

 

Hmm… langsung terpikir, tidak perlu menjelma jadi Ksatria Baja Hitam dulu untuk dapat berubah, tak perlu muluk-muluk ingin memberantas kejahatan kelas internasional, tak perlu berkhayal jadi pemimpin dunia, tapi coba bertanya pada diri sendiri, sudahkah kita melakukan yang terbaik bagi diri kita sendiri? melakukan tindakan-tindakan yang bisa membawa dampak positif bagi orang lain, bagi lingkungan, maupun bagi masyarakat di sekitar kita?

 

Temans,

Sekecil apapun perubahan yang kita lakukan, asalkan itu dilakukan untuk kebaikan, pastilah akan ada manfaatnya. Contohnya, membuang sampah pada tempatnya, datang tepat waktu ke kantor atau pada saat meeting – itu bukanlah hal yang sia-sia, bahkan bisa menggugah orang lain untuk juga berlaku sama seperti yang kita lakukan. Alhasil, dampaknya akan terasa tidak hanya bagi diri kita, tapi juga bagi orang-orang yang ada di sekitar kita.

 

Jangan menunggu sampai kesulitan menimpa kita, jangan menunda hal-hal positif yang bisa kita kerjakan. Lakukanlah perubahan (ke arah yang lebih baik tentunya) mulai saat ini, karena sedikit demi sedikit perubahan yang kita lakukan akan berdampak besar bagi masyarakat yang lebih luas.

14 pemikiran pada “kapan kita mulai berubah?

  1. Kalo kata kakak saya dulu, kita nggak bisa merubah orang lain. Kalau ingin orang lain berubah, ubah dulu diri kamu sendiri🙂. Dan, ya i agree with her.

  2. masalahnya merubah diri itulah yang sangat sulit, sebab sudah terlalu lama kita merasa “nyaman” menjadi diri yang kita miliki ini…

    hidyup baja item!!!!

  3. Keren…
    Berubah adalah sebuah kata yang banyak diucapkan tapi tidak banyak dilaksanakan.
    Kalau dalam karir, orang yang berani berubah salah satunya yang sering berpindah-pindah atau berganti role.

    Silakan mampir ke situs kami, banyak cerita dari case sesungguhnya di bagikan di sana…

    salam,

    kiki4hire

  4. Wah Mbak Pratanti
    Akoe mampir yach….Biar sharing tentang ‘Perubahan” ini…. Silakan mampir juga ke my blog sekitar akar rumput.. Sukses & Salam Kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s