tetap semangat!

Suatu kali, mungkin kita pernah mengalami kegagalan pada saat teman-teman lain mengalami keberhasilan. Kita jadi merasa putus asa dan terkadang hal tsb jadi mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari. Kegiatan kerja selanjutnya pun dijalani apa adanya, tanpa motivasi.

Motivasi itu datang dari dalam diri kita sendiri. Kita mungkin saja terinspirasi dari keberhasilan orang lain, namun dalam kehidupan ini kita lah yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai.

Beberapa tips bagaimana memotivasi diri untuk tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai:

  1. Percaya diri. Jika kita tidak percaya pada diri kita sendiri, apalagi orang lain? Setidaknya kita memiliki sesuatu yang dapat kita banggakan. Yakinlah dengan hal tsb dan berusahalah untuk mengasah kemampuan tsb. Jauhkanlah dari rasa takut akan kegagalan.
  2. Tetapkan tujuan yang jelas. Kita sulit memfokuskan diri jika tujuan yang ingin dicapai masih kabur atau tidak jelas. Bagaimana kita dapat bergerak jika tahapan-tahapan yang akan kita kerjakan ini belum jelas? Diskusikan dengan atasan untuk menjelaskan dan memberikan tugas-tugas yang jelas dan terukur. Jika atasan kita bukan orang yang dapat menjelaskan tugas dengan rinci, ambil inisiatif untuk bekerja dengannya sampai mendapatkan gambaran yang jelas tentang peran dan kewajiban yang perlu dilakukan. Seorang yang dapat memotivasi diri sendiri dapat bekerja dengan sangat baik jika ada tujuan yang jelas.
  3. Bekerjalah untuk diri sendiri. Tidak ada yang lebih baik sebagai pemicu motivasi selain pengetahuan kita tentang kemampuan diri kita sendiri. Bekerjalah sebaik mungkin. Identifikasi area yang perlu dikembangkan dan segera perbaiki. Belajar kembali atau mendapatkan sertifikat atas keahlian yang kita miliki juga dapat menambah rasa percaya diri.
  4. Terima kritik secara positif. Ubah semua kritik negatif yang kita terima ke dalam bentuk positif. Kegagalan hanyalah suatu kondisi yang ada di pikiran kita. Jika kita berpikir bahwa kita akan berhasil, maka kita akan mendapatkannya. Selalu lah berpikir positif. Dengan demikian, meskipun kita mengalami kegagalan, kita dapat mengubah rasa frustrasi ke dalam energi positif yang membuat kita tetap mampu bekerja dengan baik.
  5. Cari tantangan. Jika pekerjaan saat ini tidak memotivasi diri kita, jangan khawatir. Terbukalah untuk mau mencoba hal-hal baru, jika pekerjaan saat ini dirasa terlalu membosankan. Bicaralah pada atasan untuk mendefinisikan kembali pekerjaan kita agar dapat mengoptimalisasikan kapabilitas yang kita miliki. Buat reputasi sebagai orang yang tidak takut menerima tantangan baru dalam pekerjaan.
  6. Gigih. Banyak hal yang mungkin tidak berjalan dengan baik pada awalnya. Hal ini berarti kita perlu mencobanya dengan lebih giat lagi. Bagaimanapun, pastikan tujuan kita pada hal-hal yang penting dan akan membantu kita meningkatkan diri. Jangan membuang-buang waktu dan energi untuk hal-hal lain.
  7. Cobalah untuk berada di antara orang-orang yang percaya diri. Baca buku-buku yang dapat meningkatkan rasa optimis. Letakkan poster dan quote tentang motivasi di sekitar tempat kerja kita, hal ini dapat membangkitkan energi positif dan menghindari pemikiran-pemikiran yang depresif (menekan). Perhatikan orang-orang yang berhasil di sekitar kita dan coba untuk meniru mereka.
  8. Rayakan keberhasilan. Jika sesuatu tidak berjalan seperti apa yang kita harapkan, hal ini tidak berarti bahwa semuanya menjadi berantakan. Jangan terlalu merasa tertekan, karena stress yang tinggi dapat menurunkan motivasi. Lakukan kegiatan-kegiatan menarik lainnya. Tetaplah percaya diri dan kerjakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan.
  9. Mulailah dari hari ini. Tuliskan semua hal yang penting bagi kita dalam mencapai tujuan. Bagi tujuan jangka panjang ke dalam beberapa tahapan dan rayakan setiap pencapaian yang telah diraih. Jangan menunda.
  10. Terus bermimpi. Terakhir, jangan lupa untuk terus bermimpi. Impian-impian kita dapat menjadi penyemangat dan mendekatkan diri kita pada tujuan yang akan diraih. Tulis impian kita dalam agenda, dan secara teratur kembali kesana agar kita tidak lupa dan kehilangan tujuan.

INGAT, motivasi bukan berarti seberapa kuat kita menghadapi besarnya rintangan yang terjadi, namun seberapa gigih kita bangkit kembali saat mengalami kegagalan.

(artikel lawas yang ditemukan kembali diantara tumpukan file lama, sudah lupa pula berasal darimana, namun kiranya bisa membantu menggugah diri dari kejenuhan😛 )

7 pemikiran pada “tetap semangat!

  1. Selawas apapun, manfaat artikel ini tak lekang oleh waktu. Bgs sekali mb, semangat jd tumbuh lg! Makasih byk mb.. Tetep smangat ya mb,posting artikel2nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s